Breaking News

Sekolah Tinggi Agama Islam Barus (STAIB) Kukuhkan dan Lantik Sejumlah Pejabat di Lingkungan Kampus, Ikbal Husni, M.Hum Jabat Kaprodi Sejarah Peradaban Islam


http://www.malaccajurnalism.com/2022/12/sekolah-tinggi-agama-islam-barus-staib.html
Kaprodi SPI STAI Barus, Ikbal Husni, M.Hum yang merupakan putra Aceh pasangan Tgk. M. Yusuf Said dan Jamaliah, alumni UIN Ar-Raniry dan Magister UIN SGD Bandung.

Laporan : Iqbal Malaka

Malaccajurnalism.com. Pandan, Tapanuli Tengah. Sekolah Tinggi Agama Islam Barus (STAIB) melakukan pengukuhan dan melantik sejumlah pejabat di lingkungan kampus tersebut. Adapun para pejabat dan posisi yang di lantik diantaranya Ikbal Husni, M.Hum menjabat Ketua Program Studi Sejarah Peradaban Islam, Maida Nella Suspika, M.Hum menjabat Sekretaris Program Studi Sejarah Peradaban Islam, Muslim Pohan, M.A menjabat Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM), Asrinawati Oktavia Siregar, M.H menjabat Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M), Muhammad burhanuddin, M. Ag,. menjabat Ketua Prodi Studi Agama-agama, Siti Kholidah Marbun, M.Ag,. menjabat Sekretaris Prodi Studi Agama-Agama (SAA) pada Sabtu, 17/12/2022.

Pelantikan di lakukan oleh Wakil Ketua II Dr. Abdusima Nasution, MA,. yang disaksikan langsung oleh Ketua Yayasan Maju Tapian Nauli (MATAULI) Fitri K. Tandjung, B.Sc. Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Barus Prof. Dr. Yunan Yusuf, MA menyampaikan dalam kata sambutannnya mengucapkan “Alhamdulillah, semoga berkah dan bersinergi dengan visi STAIB menjadi Sekolah Tinggi Pendidikan Peradaban Islam dan Studi Agama-Agama berdasarkan Pancasila, Inklusif dan Modern di tingkat ASEAN pada tahun 2050 dengan membangkitkan kembali potret demokrasi dan kerukunan kehidupan sosial beragama di Barus".

Ketua Yayasan MATAULI, Direktur STAIB dan Civitas Akademika di lingkungan STAI Barus

Sekolah Tinggi Agama Islam Barus didirikan oleh Dr. Ir. H. Akbar Tandjung dibawah naungan Yayasan Maju Tapian Nauli (MATAULI) yang di pimpin oleh Fitri Krisnawati Tandjung, B.Sc. Yayasan MATAULI yang didirikan pada 1 Februari 1991 telah berkiprah besar dalam kemajuan pendidikan di Indonesia khususnya di Tapanuli dengan mendirikan SMAN 1 Plus Matauli Pandan, Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan (STPKM) MATAULI Pandan yang bertujuan memajukan pendidikan anak bangsa.

Ketua Pembina Yayasan MATAULI, Dr. Akbar Tandjung mendirikan STAIB terinspirasi dari peresmian Tugu 0 Km Islam Nusantara di Barus yang di resmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 2017 silam. Pembangunan STAI Barus merupakan salah satu upaya untuk memperluas kesempatan bagi generasi muda di Barus untuk memudahkan mereka dalam melanjutkan pendidikan tinggi, karena untuk melanjutkan pendidikan tinggi di kota terkendala dengan akses dan jarak tempuh yang jauh. Semoga dengan adanya STAI Barus di harapkan mampu menjadi salah satu solusi konkrit dan kedepannya berkembang menjadi rujukan pendidikan keagamaan di Sumut.

Kaprodi SPI STAI Barus, Ikbal Husni, M.Hum kepada malaccajurnalism.com mengatakan “Terimakasih atas amanah dan kepercayan yang diberikan kepada kami untuk mengemban amanah ini, mohon bimbingan dan kerjasamanya kepada Ketua Yayasan, Pak Direktur, Civitas Akademika STAIB dan seluruh guru besar, dosen-dosen kami serta mahasiswa untuk terus bersama-sama mendukung kami dalam membesarkan nama Jurusan Sejarah Peradaban Islam di STAI Barus ini. STAIB harus menjadi pionir dalam mencetak peneliti-peneliti unggul di bidang sejarah”.   

Untuk di ketahui, Ikbal Husni, M.Hum, merupakan pria kelahiran Pulo Tunong, 18 Juni 1993 dari pasangan Tgk. M. Yusuf Said dan Jamaliah, alumni Magister Pendidikan Sejarah dan Peradaban Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan pernah menempuh sarjana strata satu di UIN Ar-Raniry Aceh. Beliau juga aktif dalam olahraga karate dan pada masanya pernah menjabat sebagai Ketua UKM Karate UIN Ar-Raniry.  

Redaksi.Malaccajurnalism.com

No comments